Review Minggu Keempat

Suasana Training
Suasana Training

Kegiatan minggu ke empat ini sepenuhnya difokuskan pada kegiatan Pelatihan Web Based Course Development atas kerja sama Hanoi Open University dengan SEAMEO SEAMOLEC. Pelatihannya dilaksanakan dari tanggal 8-12 September 2008, diruang Converence Hanoi Open University. Untuk pengisinya juga gabungan dari tutor dari HoU dan dari SEAMOLEC. Sedangkan pesertanya juga dari beberapa bagian, ada yang dari fakultas-fakultas dibawah HoU, juga ada center-center dari daerah luar Hanoi dan MOET Vietnam (Ministry of Education and Training). Kali ini tim dari SEAMOLEC adalah pak Aritonang, Bu Dina dan Mas Edo. Training yang berusaha mengajarkan bagaimana mengembangkan pembelajaran berbasis web ini boleh dibilang cukup sukses dan lancar. Walaupun pada hari pertama ruang pelatihan cukup sesak dengan peserta, namun perlahan dan berkurang lalu akhirnya stabil dikisaran 28-29 peserta. Hari Pertama disini dari pemateri dari orang lokal sini dan rada garing aja soale pengisinya membawakannya menggunakan bahasa vietnam. Ya sudah hari pertama kita jadi pendengar yang baik deh, he2, ikut keprok2 tangan klo mereka keprok2 tangan. Baru lah pada Hari2 selanjutnya, giliran SEAMOLEC Team yang beraksi. Jika pada hari awal, pembicara lokal membawakan bagaimana tentang pengenalan webcourse, kita tim SEAMOLEC membawakan bagaimana langkah2 membuat webcourse, mulai dari planning course-nya sampai membuatnya dalam modul2 pembelajaran pada aplikasi moodle.

Secara global, Alhamdulillah peserta sudah memahami sebagian besar materi yang kita bawakan. Hanya kekhawatiran kami adalah nampaknya peserta hanya terfokus dengan membuat webcourse-nya pada moodle, tetapi tidak pada saat pembuatan SAP (Satuan Acuan Pembelajaran) padahal bagian ini adalah first step yang sangat mempengaruhi keseluruhan webcoursenya karena pembuatan SAP ini adalah sesi dimana kita melakukan perencanaan terhadap webcourse yang akan dibuat. Akhirnya pada saat pembuatan webcourse dari masing2 peserta rata-rata mereka baru memikirkan bagaimana course-nya saat berhadapan dengan aplikasi sehingga arah dari course-nya kadang2 tidak jelas. Namun, ada beberapa yang sudah cukup baik menghasilkan course tanpa menggunakan SAP, namun bahan2 dari course-nya memang diambil dari bahan2 yang sudah jadi sehingga ya seperti tinggal copy paste saja. Ya Whatever lah, akhirnya diakhir sesi kami lebih mengarahkan peserta untuk minimal bisa membuat course dengan sebagian besar modul yang disediakan oleh Moodle sendiri. Ditengah2 pelatihan sendiri pak GHP memantau langsung trainingnya menggunakan Vicon, maklum saja pelatihannya dilaksanakan diruangan Vicon sehingga mudah saja melakukan acara Vicon disana. Sedikit tambahan analisi kami juga, bahwa dengan melakukan pelatihan ditempat institusi

Pak GHP cek Training
Pak GHP cek Training

Selama acara sendiri pak Aritonang bertolak menuju Ho Chi Minh city untuk melakukan pembicaraan dengan berbagai pihak disana untuk membicarakan bagaimana peluang kerjasama kedepan. Dan pada hari Jumat siang, Pak Gatot dan Pak Ari datang pada waktu yang hampir bersamaan diHanoi untuk melakukan penutupan acara training, dan kali ini penutupannya juga dihadiri Kepala bagian Kerjasama Luar negeri dari MOET Vietnam (Ministry of Education and Training). Alhamdulillah hampir seminggu training ini dilaksanakan, beberapa peserta yang memberikan testimoni pada acara penutupan ini cukup merasakan manfaat dari training ini. Ya mudah2an ilmu ini tidak hanya diimplementasikan didalam training saja tetapi bisa dimanfaatkan dalam membantu pembelajaran diHoU kedepannya. Amin.

Terima kasih kepada semua pihak yang sudah memberikan support dan dukungannya dalam kegiatan ini.

–Untuk Update Hikmah Harian buka http://hikmahku.wordpress.com/

  • Foto Penutupan
Suasana Penutupan 1
Suasana Penutupan 1
Suasana Penutupan 2
Suasana Penutupan 2
  • Foto Penyerahan Sertifikat
Sertifikat utk Trainer
Sertifikat utk Trainer
Sertifikat utk Peserta
Sertifikat utk Peserta

One thought on “Review Minggu Keempat

  1. Menarik sekali melihat kegiatan dengan antusias peserta yang bervariatif aka dari berbagai usia dan jenjang pendidikan.
    BTW, saya telah melakukan pelatihan Moodle untuk sekolah Rintisan SBI SMAN di Kab. Karawang selama 4 hari untuk 2 kelompok guru sebanyak 51 orang.
    Yang difokuskan untuk sementara adalah pembuatan quiz, karena sudah 1 thn ke belakang, tiap ujian semester selalu memakai test online di LAN sekolah, dalam rangka membiasakan pemakaian TI dan transparansi penilaian yang dicanangkan oleh Kepseknya.
    Tertarik dengan kegiatan yang dilakukan pak Ade HP, kalau bisa saya memohon contoh SAPnya, sehingga lambat laun servernya bisa diisi dengan content2 pembelajaran sesuai mata pelajarannya.
    Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s