Halong Bay Journey

Pemandangan Halong Bay 1
Pemandangan Halong Bay 1

Inilah posting yang udah dari kemaren kepengen banget ditulis, perjalanan ke Halong Bay. Salah satu perjalanan yang sangat mengesankan dari sekian banyak perjalanan yang pernah ku lalui. Perjalanan inipun terselenggara dari Hanoi Open University (HoU). Informasi tentang acara ini sebenernya sudah dikasih tau sejak pertama hari pertama training web based course. Cuman diri ini maju mundur aja rasanya, soale pertimbangan pertama adalah bulan puasa dan kedua adalah pengalaman pantai Do soun yang kmrn itu. Wah, klo pantainya kyk kmrn sih mending gak usah ikut aja, he2 keburu kecewa dengan kondisi pantai yang kmrn (baca dicerita minggu pertama). Akhirnya selama seminggu pelatihan, sorenya saat buka bareng diMasjid An Nur cari2 tau dengan teman2 bagaimana keadaan Halong Bay. Anehnya, rata2 teman bilang, ngapain juga puasa2 kesana, entar haus lho. Tapinya mereka gak cerita bagaimana pemandangannya disana. Ya udah tetep bimbang deh, pas deket-deket hari H. Iseng2 mas edo mencari artikel2 tentang Halong Bay diInternet, dan cukup menambah semangat untung pergi sih. Selesai acara penutupan training pun, mas edo mengingatkan jgn lupa besok kita jalan2 ke Halong Bay.

Ya sudah deh, Bismillah berangkat lah, itung2 jalan2 dinegeri orang dan nemenin temen2. Malamnya barang2 kecil dipack deh ke tas jalan, jangan lupa sama GPS juga, buat memblock posisi Halong bay dalam kumpulan tempat-tempat diVietnam ini. Sehabis sahur bersama mas Lam, eh malah bener-bener gak bisa tidur euy. Juga inget kata2 temen2 Kost2an, yang pada minta diajakin donk buat ngikut ke Halong Bay. Ya karena gak berani ngomong ke Mr Vuong-nya euy, ya gak janji deh. Juga teringat SMS dari Mr Vuong yang berisi mengingatkan besok pagi dijemput jam 6.30 pagi, pake huruf2 besar lagi, jadi serem aja bacanya.he2. Jam 6.15 mulailah turun dari kamar ke pintu depan kost2an. Tapi pas sampai lantai dasar dan mau duduk2 diteras depan, teringat klo jam 6 pagi biasanya anjing2 penjaganya belum dirantai neh. Clingak Clinguk deh didepan teras, wah kok tumben sepi. hi2, jadi kyk cerita horor. Pas mau duduk, mulai deh terdengar krincing2 bel gitu deh, udah deh langsung lari dan jalan kedepan jalan besar aja. Hi2, soale udah hafal banget sama suara krincing2 bel-nya tuh 2 doggy. Kapan2 ntarku ceritain deh 2 doggy dikost2an yg umbelan dan buduk krn gak pernah dimandiin sama yang punyanya.

Duduk2 didepan jalan besar, sambil melihat orang belalu lalang, juga sesekali bis berderu melewati jalan kecil disini serta rombongan anak2 sekolah yang mengayuh sepedanya dengan riang gembira. Jadi teringat kondisi dijawa sono, hiks2 jadi kangen. hi2. Sesekali melirik jam diHPku, kok udah jam 6.30 masih aja blm dtg2 neh Mr Vuong. Sambil mata mengawasi, kali2 aja tuh 2 doggy dtg ke arahku, tiba2 Mr Vuong menampakkan diri trus blm sempet aku ngomong apa2, tiba2 dia blg “Where is your friend’s? i will find taxi for us”. Hah, kaget campur bingung deh, td kebayang mas Lam masih baru tidur pas mau keluar kamar, ya udah gedor kamar Yati aja deh. Bangun ti, siap2 jadi diajak ke Halong Bay neh. Sambil kucek2 mata, dia siap2 deh dalam waktu singkat. Hi2, cuman bawa baju dibadan sama tas isi kamera aja. Lanjut….

Didepan kost, Mr Vuong udah siap dengan mobil kantor taunya, ya udah langsung masuk mobil dan segera meluncur ke Hotel Mey Lien (tempat menginap tim SEAMOLEC). Disana tim SEAMOLEC sudah menunggu didepan Hotel dan juga sudah ada Mobil travel yang akan membawa kami ke Halong Bay. Begitu keluar mobil langsung deh kita masuk mobil travel dan berangkat. Diperjalanan, lumayan lah sang pemandu travelnya menjelaskan ini itu tentang beberapa sejarah Hanoi. Mobil pun terus melaju menyusuri Highway luar kota, dari arah perjalanannya sih kok kayaknya pernah dilalui ya. Setelah bertanya pada pemandu wisatanya, dia blg klo kita ke arah provinsi Quan Ninh, wah taunya provinsi yang sama saat kemaren bertandang ke Vietmindo. Sepintas kota kecil yang kmrn kita sambangi saat hadir ke Vietmindo pun nampak. Namun, kita tidak kearah sana, tapi ke arah pantai.

Pintu Gerbang Halong Bay
Pintu Gerbang Halong Bay

Akhirnya setelah menempuh perjalanan selama 3 jam lebih, tiba juga dikawasan Halong Bay, pemandangan awal yang nampak adalah kawasan hutan mangrove yang luas banget. Mantep juga neh, hutan mangrovenya masih dipelihara dengan baik, dan nampak diantaranya ada petambak ikan atau udang. Mobil pun terus berjalan, dan akhirnya sampai juga dipintu gerbang kawasan Halong Bay. Saat ini ternyata beberapa bagian diHalong bay sudah direklamasi, sehingga jalan menuju perkotaan cukup lebar dan luas, namun ya dengan mengorbankan pinggiran pantai, lalu juga ada pulau yang sengaja dibuatkan jalan kesana dari tanah yang diurug disepanjang teluk. Wah udah banyak tangan manusia neh yang bermain disini. Tapi ya whatever lah, toh yang penting jualannya laku. Lah secara kata pemandunya, 3 juta wisatawan datang kesini tiap tahunnya dan terus bertambah setiap tahunnya. Juga ada 400-500 kapal yang bisa disewa oleh wisatawan untuk pergi ke gugusan karangnya. Masih belum ngeh sih gmn indahnya, wah trus cerita si pemandu dilanjut deh, dia blg klo disini dulunya mata pencarian utamanya adalah nelayan. Cuman semenjak kawasan ini menjadi kawasan wisata terkenal, berbondong-bondong menjadi pemandu wisata. Dan kawasan kotanya pun sudah semakin bertambah dari tahun ke tahun. Mantap.

Di Dermaga Pemberangkatan
Di Dermaga Pemberangkatan
Diatas Kapal
Diatas Kapal

Tepat tengah hari, mobil pun berhenti diRestoran. Wah mulai deh bete dikit, tapi ya gmn lagi lah sebagian isi Mobilnya gak puasa. Ya udah, kita2 yang puasa cuman duduk dipinggir restoran sambil lihat makanan disaji2kan ke mereka. Ya sudah semoga menjadi berkah Ramadhan deh hari ini. Selesai makan, kita langsung dibawa ke dermaga kapalnya deh. Wah akhirnya jadi naek kapal ke gugusan karang disini, mantap! Taunya, rombongan kita yang cuman ber 6 ini disewakan 1 buah kapal private gitu. Jadi gak perlu sharing2 sama turis yang lain deh. Mulai lah ambil camera kantor dan jepret2 sana sini. Pemandangan kapal2 terparkir didermaga pun jadi sasaran pertama foto2. Lalu samar2 mulai terlihat gugusan2 karangnya deh, Subhanallah banget bentuknya.

Pintu Masuk Gua
Pintu Masuk Gua
Gua1
Gua1
Gua2
Gua2

Dan pemberhentian pertama kita disalah satu karang terbesar, dan didalamnya ada gua yang indah bgt. Lalu setelah itu kapalpun mulai berjalan mengelilingi kawasan karang ini. Ternyata semenjak kawasan ini menjadi kawasan Unesco Heritage, semakin ramai dan terkenal deh kawasan ini.Disini pun ada kawasan perkampungan diatas laut ini, mantep.

Karang Cinta
Karang Cinta
Rumah Terapung 1
Rumah Terapung 1
Rumah Terapung 2
Rumah Terapung 2

Setelah berkeliling2 dikawasan karang ini, kita pun melintasi karang cinta, disebut begitu krn bentuknya yang seperti 2 orang yang sedang ciuman. Itu sih kata org sini, tapi perasaan mah kayak 2 karang biasa aja diatas laut. hi2. Dan kapalpun segera kembali ke dermaga.

Sorenya langsung diantar ke Hotel untuk bersih2, lumayan lah hotelnya. Ada akses internet kecengnya lagi, syukur deh. Semalaman ini kompie akan dipaksa untuk download2 deh.he2. Bada Magrib kami semua dijemput lagi untuk makan malam, menu kali ini Seafood. Jadi Alhamdulillah deh, bisa makan dengan bebas. Cuman karena dibilangin jangan bawa camera, jadi acara malam ini gak ada dokumentasi deh. Hiks2, sayang deh. Makan kali ini rada beda aja bagi saya pribadi, krn kali ini saya bersama org2 indo yang sama2 punya gaya makan sama, soale secara org sini kan klo makan lama bgt. Jadi krn bersama orang2 indo, makannya gak sampe setengah jam udah beres deh. he2. Mantep neh! Setelah makan malam kita diajak nongkrong dipinggir pantai disebuah cafe gitu sambil melihat iring2an Midle Authum Festival dijalanan kota. Kali ini pesen jus mangga, tapi bentuknya kyk es krim mangga sih.he2.

Malamnya kita langsung dibawa ke sebuah pulau gitu deh, taunya pulau yang tadi pagi kita lihat pas datang. Dan taunya, pulau ini adalah kawasan entertainment gitu deh. semacam Dufan lah klo diIndonesia, cuman baru jadi beberapa aja sih. Dan kali ini ini kita mau lihat pertunjukan air mancur. Awalnya sih mikirnya kyk air mancur2 aja kok dilihatin, kyk gak ada kerjaan. Taunya pas udah didalam, Subhanallah taunya pertunjukan air mancur-nya bagus bgt, krn dipadu sama pencahayaan, sinar laser dan proyektor. Jadi seperti nonton pertunjukan air deh. Kata teman saya, baru beberapa negara diASEAN ini yang punya wahana kyk begini, dibrunei dan filipina klo gak salah. Selesai acara langsung pulang ke kamar hotel dan istirahat deh. Maklum besok teman2 tim SEAMOLEC akan mengejar pesawat penerbangan jam 1 siang.

Keesokan harinya, langsung cabut dari hotel jam 8 pagi dan langsung bertolak ke Noi Bai (Bandara Hanoi). perjalanan sekitar 4 jam-an lah, diisi dengan tidur aja deh. Sampai diNoi Bai sudah pukul 12 lebih, wah boarding gate udah dibuka. Ya udah kita bantu dorong2 barang kedalem deh, saat melihat informasi pesawat tujuan Indonesia. Mikir2 deh, kapan ya naek pesawat ini lagi, diri menjawab…masih lama kale! sante aja de, smua ada waktunya kok, toh gak ada nunggu juga diIndonesia. he2. Teman2 setelah pamit pun menghilang dipintu masuk gatenya. Sampai jumpa lagi teman!

Lanjut jalan pulang ke Bach Koa (Kecamatan kost2an)….Dan sampe rumah, sholat, dan tepar lagi deh….Siap2 buka bareng ke Masjid….Sambil pulang, kok perasaan Halong Bay pernah dilihat ya, OoO taunya disitu tempat syuting Jurassic Park 3 klo gak salah.

–Untuk Update Hikmah Harian buka http://hikmahku.wordpress.com/

Pemandangan Halong Bay 2
Pemandangan Halong Bay 2
Pemandangan Halong Bay 11
Pemandangan Halong Bay 11
Pemandangan Halong Bay 12
Pemandangan Halong Bay 12

Pemandangan ber-background Halong Bay!

Pemandangan Halong Bay 3
Pemandangan Halong Bay 3
Pemandangan Halong Bay 4
Pemandangan Halong Bay 4
Pemandangan Halong Bay 5
Pemandangan Halong Bay 5

Pemandangan Bukit-Bukit Halong Bay

Pemandangan Halong Bay 6
Pemandangan Halong Bay 6
Pemandangan Halong Bay 7
Pemandangan Halong Bay 7
Pemandangan Halong Bay 8
Pemandangan Halong Bay 8

Pemandangan Bukit-Bukit Halong Bay 2

Pemandangan Halong Bay 9
Pemandangan Halong Bay 9
Pemandangan Halong Bay 10
Pemandangan Halong Bay 10
Dermaga Karang Gua
Dermaga Karang Gua DiHalong Bay

Pemandangan Bukit-Bukit Halong Bay 3

7 thoughts on “Halong Bay Journey

  1. De, cewe yg pake jilbab berjaket merah selain bu Dina siapa tuh ?? Jangan – jangan lu udah dapat gebetan disana ?

  2. Wah keren juga ya tempatnya..
    Besok kita usulin deh Gathering ke Hanoi..

    Klo semakin banyak Indon ke Vietnam buat ngajari mereka, so lama2 Indon akan kalah dari Vietnam.. spt negeri sebelah yang kini menginjak2 Indon..

    So, jangan biarkan mereka di depan kita ya..

  3. Karang Cintahnya kayanya batu guede di Belitung ya?..hehe.. & bukitnya keren dech ih, serasa backgroudnnya film Lord Of The Ring..

  4. Bu, kalau mau bermain ke halong bay, kira2 perlu berapa hari ya. lokasinya lebih dekat saigon atau hanoi. tks.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s