Lebaran 1429 H (Hanoi)

Pertanyaan Selanjutnya yang selalu ditanya setelah urusan gimana Ramadhan disana? Adalah bagaimana Lebaran disana. Ya Lebaran kali ini, dimulai dari Takbiran sekaligus Ifthar Bareng diMasjid. Disini selepas Ifthar Bareng, membicarakan dan mendiskusikan hasil Rukyah kemarin yang dikumpulkan dari berbagai negara untuk menentukan kapan Lebaran diHanoi. Akhirnya sih kita sama2 ngikut sama negara2 Asia Tenggara, kecuali Brunei aja yg sehari lebih lambat, kita ngikut sama Indonesia dan Malaysia. Sedangkan sebagian Jamaah dari Timteng sudah duluan Lebaran dihari terakhir kami Ifthar bareng ini. Selepas Sholat Magrib berjamaah mulailah imam menuntun bersama untuk melafazkan takbir, tak terasa netes juga neh air mata. Biasanya takbiran selalu dirumah, but tahun ini beda. Ya sama juga dengan teman2 yang lain, terlihat mas lam dan Bapak2 dari Malaysia juga mata berkaca2.

Malam Takbiran dirmh Pak Yahya
Malam Takbiran dirmh Pak Yahya

Telpon sebentar ke ibu, cuman bilang mah, pengen denger suara mamah aja, kangen pulang. Trus ya sudah deh, life must go on. Kami berbuka bersama dan Sholat Isya. Lalu Takbiran sampai jam 8 malam. Maklum dirumah ibadah kita gak bisa malam2, krn ada jam malam utk penggunaan rumah ibadah disini. Sepulang itu, kita ngadain Takbiran dan kumpul2 brg aja di tmpt Pak Yahya. Dan pulang deh ke Kost tapi Yati tetap di tempat Bu Anna Malaysia dan sisanya sekostan kembali ke kamar, krn saat mencoba menelpon Indonesia tetap tidak bisa karena jaringan yang penuh. Ya sudah tidur aja deh….

Keesokan Harinya, selepas Shubuh. Udah siap2 aja buat berangkat Sholat Ied. Baru nyadar, jadwal Sholat ied disini kan berbeda dgn diIndonesia. Disini baru mulai pukul 8.30, dan mulai ramainya baru jam 8.00. Ya udah deh liat2 pemandangan aja dari lantai atas kost2an. Ya tapi tetep aja ndak ada yg asik, lah gedung’e tinggi2, Mana ada kelihatan kemana-mana. Ya sudah balik deh ke kamar dan siap2 trus brngkt bareng sama mas Lam keMasjid. Sampai masjid ambil posisi depan trus takbiran deh sampe mulai Sholat. Nah pas sholatnya, lancar sih rakaat pertamanya, cuman pas rakaat kedua, imamnya lupa sama takbirnya yg kudu 5 kali. sekali takbir langsung Al Fatihah, cuman entah kenapa semua jamaahnya diem aja, termasuk saya sendiri, terkesima kali ye sama bacaannya. He2.

Selepas Sholat dan Berceramah, Abu Salam (imamnya) nanya dan ngobrol sama kita2 yg didepan. Kyknya ada yg janggal deh barusan. he2, ya iya lah lupa takbir 5 kali dirakaat kedua mas Abu. Habis itu dia merasa gak enak gitu dan pas salam2an habis shalat, dia minta maaf sama Jamaah. Oke deh! Lanjut, Sebelum pada bubar jamaah, yang punya restoran Malaysia ngundang makan disana. Ya udah deh jadi sasaran pertama adalah serbu Rumah Makan An Nisa (restoran Malaysia tadi. red). Ya mengobati rasa rindu sama ketupat, walaupun kita liat sih bentuknya kyk lontong aja, he2, whatever lah, yg penting nasi yg padet2 begitu lah. Sama kari2 dan lain2nya, plus teh tarik Malaysia. Mantep.

Lebaran diHoan Khiem Lake
Lebaran diHoan Khiem Lake

Selepas disana, sebenernya target selanjutnya adalah KBRI. Cuman perut masih kenyang plus masih pagi juga, akhirnya kita sepakat jalan dan duduk2 dulu di Danau Hoan Khiem. Kali ini kita (ade, mas lam dan Yati .red) pergi bersama paman kita tercinta Pak Kuat.  Duduk2 sambil ngobrol2 dan foto2 tentunya, asik dah. Sekitar 1 jam lebih lah duduk2 sambil mendengar cerita2 dari pak Kuat yang sudah 4 tahun disini. Banyak kisah2 seru dan aneh selama disini. Dan mantepnya Hanoi, coba buka Laptop, wuih banyak aja Wifi unsecure yg tinggal di-add aja. He2.

Oke, waktu sudah dekat segera meluncur ke KBRI, sampe sana ternyata masih sepi. Ya sudah jalan dikit keluar trus nemu kem (Bhs Vietnamnya Es Krim .red). Beli kem dulu deh, kem disini sebenernya sih kyk Es krim-nya McD, cuman dikasih taburan aneka rasa aja. Dan lebih enak es krimnya McD sih. he2. Ya daripada gak ada dan mumpung gratisan.

Lebaran DiKBRI Hanoi
Lebaran DiKBRI Hanoi

Udah gitu jalan lanjut deh ke KBRI dan mulailah acara. Disana dibuka dengan sambutan dari pak Dubes RI utk Vietnam. Lalu ada farewell speech dari org indo yg akan pindah ke Perancis. Trus acara utama deh, makan2. Kali ini masakan asli Indonesia. Ya gak asli2 banget sih soale kokinya juga orang Vietnam, cuman lumayan lah daripada gak ada. Toh biasa, gratis aja kok ngomel.he2. Tidak ada kata2 penutup atau apa, pada langsung ngacir sendiri2 aja, ya sudah kita ke Musholah untuk Sholat Dhuhur bersama.

Target makan2 terakhir hari Lebaran ini adalah Rumah Kedubes Brunei. Bapak inilah satu2nya Dubes yg selalu datang saat Tarawih diMasjid. Rumah pak dubes ini cukup jauh dan undangannya masih 1 jam lagi. Ya udah pada minta plg dulu ke kost trus brngkt lagi deh. Maklum bajunya masih baju koko dan terutama bajuku udah kena Kem aja tadi. Sejam kemudian kita sudah siap dan segera bertolak ke rumah pak Dubes Brunei. Disana kembali perutnya dijejali dengan masakan2 Melayu deh. Bener2 kerja keras neh perut setelah Ramadhan berlalu. he2.

Sepulang darisana, mampir dulu ke Masjid dan sholat Ashar bersama. Lalu sore ini kita merencanakan jalan ke Hadong, sekitar 20 Km dari pusat kota dan disana adalah pusat kerajinan Kain Sutra disini. Ya cuman mau lihat2 aja sih maklum masih bokek juga. he2. Lumayan jauh dan sebenernya sih hampir sama aja motif2nya sama diPasar Don Xuan, Hanoi. Ya udah deh deket2 magrib kita langsung cabut balik ke Kost. Sampe rumah udah ambruk deh, maklum seharian muter2.

Open House dirmh Pak Yahya
Open House dirmh Pak Yahya
Open House ditmn Malay
Open House ditmn Malay
Jangan Rebutan AngPau ya
Jangan Rebutan AngPau ya

Selanjutnya hari2 selanjutnya diweekend biasanya ada undangan ke acara Open House dari teman2 Malaysia. Mak nyus dah, makan2 mulu. he2. Lebaran yg berbeda dari yang biasa, tambah sodara tambah teman tambah pengalaman tambah adek2 kecilOke! nikmati aja….

Nakai dan Alung
Nakai dan Alung
Nakai dan Anik
Nakai dan Anik
Nakai dan Anik lagi rebutan
Nakai dan Anik lagi rebutan

Dan sedikit foto adik2ku yg lucu2 ini…namanya aneh2 dikit sih

One thought on “Lebaran 1429 H (Hanoi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s