Berbagi tips untuk merawat HP Android

podcast_featured_3
picture taken from androidcentral.com

Setelah sekian lama tak menuangkan isi kepala dengan tulisan, maka karena terpaksa🙂 Tangan dan otak harus dipaksakan untuk kembali menulis. he2. Dimulai dengan sesuatu yang ringan2. Saya mencoba membagi sedikit tips dalam merawat HP Android. Tulisan ini terinspirasi dari pengalaman sehari-hari yang menemui teman yang berkeluh kenapa HP Android saya lemot dan suka cepat habis baterainya. Sehingga setelah beberapa kali mencoba mencoba dan mengujinya dibeberapa HP teman, maka sekarang coba ditulis agar tidak lupa dan semoga bermanfaat.

 

Memiliki HP Android kadang berawal dari iklan yang menggoda, entah yg diangkat cuman fitur kamera yg aktif pake kata ‘cheeesee’ atau sudah Android terbaru. Kadang itu untuk menutupi kelemahan keterbatasan hardware yang kadang baru kerasa setelah beberapa waktu dipakai. Terlebih kepengen ngoprek diawal punya HP dengan menambahkan aplikasi atau game sesukanya tanpa melihat kapasitas memorinya. Jadi berikut penulis mencoba membagi beberapa tahapan perawatan HP Android yang secara umum bisa digunakan diberbagai versi android sehingga semoga dalam memperlancar kinerja HPnya dan memperlama standby time.

  1. Langkah pertama, persiapan pembersihan memory. Ini adalah tahap awal yang penting, karena bagian ini adalah dasar untuk mengoptimalkan kinerja HP. Cara paling mudah yang biasa saya gunakan adalah menggunakan Aplikasi Free di Google Play, yaitu All-In-One Toolbox.
  2. Langkah berikutnya, pembersihan memory dengan aplikasi Toolbox tersebut. Ada tiga fungsi, yaitu Clean, Boost dan Toolbox. Klik Clean, maka aplikasi tersebut akan melakukan pembersihan secara otomatis terhadap junk files di handphone anda, setelah terlihat berapa banyak junk filesnya, klik clean dan tunggu sampai pembersihan selesai. Pada langkah ini, saya sarankan untuk diulang setiap seminggu sekali agar junk filesnya tidak terus semakin bertumpuk.
  3. Lalu klik Boost, maka aplikasi tersebut akan memperlihatkan aplikasi apa saja yang berjalan saat ini dan dirasa membebani handphone anda. Lalu klik lg tombol Boost dibagian bawahnya dan biarkan mematikan aplikasi yang berjalan dibackground. Tidak perlu khawatir akan hang karena biasanya aplikasi yang memang dibutuhkan akan kembali berjalan dibackground apabila dibutuhkan. Langkah ini dapat diulang setiap hari apabila berasa lemot banget handphone anda.
  4. Saatnya masuk ke menu Toolbox. Disini anda akan menemukan beberapa fungsi untuk mengelola aplikasi didalam handphone anda. Pertama, masuk ke batch uninstall. Dalam merawat handphone penting kiranya untuk menseleksi aplikasi apa saja yang memang anda sering gunakan atau bahkan game yang anda sukai saja. Pilih dan unistall aplikasi yang tidak berguna. Saya pribadi menyarankan hilangkan saja aplikasi antivirus karena ini yang sangat membebani kinerja HP anda. Tentu saja pros and cons nya ditanggung sendiri. Biasanya aplikasi jahat (malware) bersembunyi diaplikasi gratisan atau iklan2 di web, anda perlu melakukan self-evaluation setiap akan menginstall aplikasi baru.
  5. Selanjutnya masih dimenu Toolbox, masuk ke menu app2sd. Menu ini sangat berguna untuk anda yang memiliki memory internal yang terbatas (>16 Gb). Didalam menu ini anda dapat melihat aplikasi mana saja yang menggunakan memory internal HP anda dan dengan memilih aplikasi2 tersebut maka menu ini akan membantu anda memindahkan sebagian bebannya ke memory eksternal (SD Card). Menu ini bertujuan menambah nafas dari HP anda🙂 biar tidak sesak. Tapi ingat, memindahkan aplikasi ke SD card juga bisa mempengaruhi kinerja sedikit, karena ada keterbatasan kecepatan data transfer ke SD card, juga ada kerentanan SD card rusak maka seluruh file bubar semua (sempat kejadian soale). Makanya sebaiknya diimbangi dengan rutin mem-backup data2 di HP.
  6. Fungsi terakhir di Toolbox yang bisa dioptimalkan adalah Boot speedup, dsini anda dapat mematikan aplikasi apa saja yang tidak perlu dijalankan saat boot-up.
  7. Selanjutnya langkah pamungkas apabila memory baik internal maupun eksternal masih saja penuh. Nampaknya suspect selanjutnya adalah pembersihan media baik gambar maupun video dari folder whatsapp anda. Silahkan disortir media yang tidak perlu lagi. Untuk langkah ini dapat menggunakan aplikasi file manager apa saja yang anda punya. Suspect folder selanjutnya adalah folder donwload dan PDF reader anda karena suka masih menyimpan file yang pernah kita buka sebelumnya yang diambil dari email atau web.
  8. Terakhir tapi tidak terlalu urgent adalah install aplikasi penghemat baterai. Salah satunya saya menggunakan DU battery saver.

Semoga sedikit langkah2 diatas bisa membantu membuat HP anda semakin sedikit lebih baik performanya. Adapun penggunaan aplikasi diatas tidak mandatory, hanya membantu saja. Terima kasih, semoga bermanfaat. Membuka diskusi dan masukan juga, mungkin ada cara yang lebih baik lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s