Info Hanoi

Assalamu’alaykum wr wb

Suasana Hanoi 1
Suasana Hanoi 1
Suasana Hanoi 2
Suasana Hanoi 2

Akhirnya sampai juga dikota hanoi..setelah menempuh perjalanan sekitar 40 km dari Bandara Internasional Hanoi..Pertama yg langsung berkesan sama neh negara adalah tulisan2nya…kata org2 sini…mereka blg sih sangat nasionalis bgt, jadinya mereka gak pake tuh tulisan2 berbahasa inggris…maklum lah negara Sosialis…Tapi sebenernya aneh gak sih…klo jadi menutup diri begitu…Org2 yg masuk sini dijamin bingung sama tulisan2nya…sama2 huruf latin sih…cuman beberapa huruf vokal ada tanda2 anehnya gitu deh…bisa dilihat diweb2 vietnam seperti http://hou.edu.vn/Trangchu/tabid/5746/Default.aspx (web tmpt home baseku) dan http://vinaphone.com.vn/ (web operator selular yg ku pake skrg)….Berikut point2nya

  • Highway (Jalan Tol)

Inilah jalan pertama yg kulalui diVietnam, soale habis keluar bandara langsung ketemu Jalan tol, gerbang tolnya jadul bgt euy…habis bayar tuh dikasihnya kertas kyk tiket parkir gitu deh..boro2 ada komputernya…trus alat penghalang lajunya juga pake manual gitu dikereknya…asik dah…Nah, akhirnya masuk juga ke jalan tolnya…kembali aku tertawa…inilah jalan tol yg kupengen diIndonesia..yaitu motor bisa masuk jalan tol dan gak bayar lagi…Asik bener dah…cuman ya dasar gak mensyukuri ato gmn gitu…tetep aja naek motornya tetep pelan2…ya udah deh…mobil2, bus dan truk ngantri dijalur tengah….Dan anehnya lagi…walaupun dikirinya kosong gak ada motor..gak ada tuh yg nyalip dari kanan (jangan aneh yg klo ade blg kanan soale, disini stirnya dikiri bro)…makanya sempet pundung juga…nih sopir lemot bgt sih…coba saya yg nyetir…wah bisa cepet sampe deh…gaya nyetir diTol cikampek kan bisa dipake disini…hihihi…Jadi jalan tol disini tuh cuman 2 jalur…jalur kiri buat jalur cepet dan kanan buat motor….trus dikirinya selalu diberi separator…sedangkan dibahu jalannya dipake buat gerobak dan sepeda…gak ada deh mobil2 yg nyelonong2 dari sisi jalan…Jadi mereka kalau mau nyalip tuh…tekan aja bell kuat2 dan sering2…lama2 yg depannya juga minggir…jadi disini tuh bisa juga dijuluki CITY OF BELL…hehehe…jadi telinganya jangan panas apalagi emosi klo dibell-in sama org2 disekitar kita…itu udah biasa…coba diIndonesia…bisa langsung dikejer ato diajak berantem tuh sopirnya…

  • Tempat Tinggal
Kost2an Ku
Kost2an Ku

Disini Harga tanah sangat mahal, jadi semua rumah ya dibuat bertingkat2, hampir jarang kita temui rumah yang cuman 1 lantai disini. Dan apartemen ato rumah susun juga sangat banyak disini…Dan saya pun sama euy, tinggal diguest house milik Depdiknasnya sini…Kamar sederhana lah, lumayan ada AC dan kamar mandi dalam. Disini juga banyak orang bule tinggal, mungkin program diknasnya sini kali ye….Dan apartemen maupun rumah susun disini pun kyknya udah berumur banget jadinya kesannya udah tua gitu…khawatir ambruk juga sih…he2…mudah2an gak deh ye…Amin

  • Kondisi Kota

Pertama masuk kota Hanoinya, kerasa kok jalannya gede2 ya sampe 6 jalur. Mantep bener awalku ku fikir, mulai memasuki jantung kota. taunya sama aja sama sama Jakarta, sempit2 juga…cuman lumayan asik lah…walaupun disini org2 suka ngelanggar lampu merah, tapi jalanan disini cuman padat sama motor aja kok, jarang lah trafik jam yg stuck kyk dijakarta. Jalanan disini pun lumayan rapih penataannya, jadi karena bentuknya blok2 gitu jadi jalannya ya lurus2 aja membelah kota. Dan seperti biasa, gedung2nya juga tinggi2 semua. Klo melihat disini mah serasa kita kembali lagi ke jakarta jaman tahun 90an, cuman mobil dan motor2nya aja yg udah update. Retro klasik gitu deh, he2. Jadi agak culun2 aja dikit lah disini. Buat yg mau wisata klasik bisa dtg kesini. Trus dipinggir2 jalan banyak bgt warung2 kecil ataupun warung makan, dan tampak orang2 pada duduk2 bersama sambil ngobrol2. Walau sambil searching diinternet, tetep aja susah euy nyari masjid, maklum secara data diWIkipedia, nih negara sebagian besarnya beragama Budha dan Islamnya cuman 70 ribu jiwa. Akhirnya nemu masjidnya diinternet, cuman masalahnya dimanakah itu berada dikota ini, kita coba cari lah diweekend mendatang.

  • Orang vietnam dan Kebudayaannya

Seperti penjelasanku sebelumnya, vietnam kan kyk jaman 90an gitu deh. Jadi orang2 sini ya biasanya berpakaian baju lengan pendek trus pake sepeda ato sepeda motor gitu deh. Disini orangnya mirip kyk orang cina, cuman perawakannya melayu. Untuk bahasa juga, disini tuh kedengerananya sih mirip bahasa cina cuman kata mereka sih beda bgt. Ya klo saya sih ngganggepnya kyk Cina latin aja, jadi org cina yg tulisannya huruf latin. Mereka pun sangat ramah kok, tapi tau sih gmn dibelakang kita. Disini juga Bahasa Inggris gak terlalu populer, juga mereka susah bener utk melafalkan bahasa inggris. Kebayang deh lidah cina ngomong inggris, cable aja dibaca caple.

  • Makanan dan Minuman
Makan 1
Makan 1
Makan 2
Makan 2
Makan 3
Makan 3
Makan 4
Makan 4

Kayaknya bagian ini nih yg ditunggu sama org2, he2. Disini makanannya sih hampir mirip kok sama diIndonesia, Cuman disini tuh doyan banget sama daun seledri dan jeruk nipis. Jadi makanannya rasa2 kecut2 dikit gitu deh. Juga mereka jarang pake rempah2 yang kuat..jadi ya lebih mengandalkan rasa dasar dari bahan2nya (he2 maklum, pencinta Wisata kulinernya pak bondan bgt). Juga yg aneh adalah minum green tea adalah kebiasaan disetiap makan dan disini minumnya gak pake gula, kebayang kan pahit plus rasa daun gitu deh. Tapi lama2 kerasa asik juga! Lalu untuk masalah makan disini ya kyk org cina lah, makan pake mangkok kecil2 gitu. Juga kebiasaan disini tuh klo makan 2 ronde…ronde pertama ya ngemil2 lauk gitu sama sayur yg oseng2 ato rebus2. ronde kedua sama nasi dan lauk2nya. Porsinya ya jangan disamain sama dikita ye, porsi kecil ala mangkok kecil. Malu kale makannya klo maruk2, hehehe klo ngikutin gaya makan DiIndonesia mungkin perlu 10 kali nambah kali ye:). Klo minuman disini mah org sini favorit bgt sama bir, jadi klo disini mah pesen minumnya selalu cocacola terus.he2. Bahkan klo sarapan pagi org sini minumnya Vodka, gile bener.

  • Gaya Hidup

Menurut saya sih kehidupan disini lumayan statis dan tanpa adanya pergerakan signifikan. Maklum bro, negara sosialis yg hanya menganut satu ideologi dan satu partai. Jadi nyaris tanpa perubahan dalam waktu cepat disini. sebab segala macem bentuknya perubahan kudu seijin Pemerintah. tapi skrg sih pemerintah Vietnam sudah sangat kooperatif terhadap perkembangan dunia, jadi gak lumayan asik lah. Disini juga biar gedungnya gede2, jangan harap ada macem Mall buat kongkow2, org2 sini udah cukup dengan minum2 diwaktu makan. Juga jam kerja disini dibagi 3 macem: pertama jam 8.30-12.00 jam Kerja Pertama, kedua 12.00-14.00 Jam istirahat siang, biasanya dipake tidur siang sama pekerja2 disini, ketiga 14.00-17.30 Jam kerja kedua, jangan dibilang pulangnya kesorean ya, soale disini siang lebih lama bro, jadi matahari terbenam jam 18.30 disini.

Segitu dulu ah ceritanya, ntar sambung lagi deh! Maklum dah jam tidur siang, jadi saya udah diusir2 gitu deh dari kantor. Hiks2…siang ini bakalan makan siang sendiri dan pake bahasa tarzan lagi…

Wassalamu’alaykum wr wb

3 thoughts on “Info Hanoi

  1. kok tidak ada gambarnya hen sudah kubaca blogmu semua. mama bisa baca email besok disambung lagi, mama mau ke unswagati .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s